Wednesday, December 1, 2010

Manajenen Photo dengan Shotwell Photo Manager

Aplikasi baru yang penulis temukan di Ubuntu 10.10 dan UNR 10.10 adalah Shotwell. Ketika membuka aplikasi ini penulis langsung teringat pada aplikasinya Google untuk memanajemen Photo yaitu Picassa. Dari bentuk dan fasilitas yang ada Shotwell sangat mirip dengan Picassa bisa dikatakan identik. Bagi anda yang sudah terbiasa dengan picassa maka anda tidak akan memiliki masalah dengan aplikasi Open Source ini. Bagi yang belum terbiasa maka ini adalah langkah mengatur koleksi photo anda.

  • Buka Aplikasi Shotwell dengan mengklik "Application > Graphics > Shotwell Photo Manager"
  • Setelah aplikasi ini terbuka maka untuk menambahkan photo maka klik "File > Import From Folder" kemudian arahkan pada koleksi photo anda. Kemudian anda akan diberikan pilihan apa akan menyalin photo anda (Copy) atau hanya membuatkan tautan (link) saja. (Menurut penulis pilih Link saya biar tidak dobel koleksi anda)
  • Tunggu beberapa saat sampai ada pesan bahwa proses import sudah selesai. Koleksi anda akan diatur berdasarkan Tahun, Bulan, Hari yang didapat dari Exif Data photo anda. Anda juga bisa memainka Slide Show pada aplikasi ini langsung.

No comments:

Post a Comment