Thursday, November 25, 2010

Membuat Mandriva 2010 LiveUSB


Beberapa hari yang lalu saya iseng mau mencoba KDE 4, nah pilihannya apa Kubuntu, Opensuse atau Mandriva. Saya putuskan untuk mencoba memakai Mandriva karena dulu saya pernah memakai Mandriva Free 2005 walau masih pakai KDE 3.5. Setelah mendapat isonya terus saya coba pakai Unetbootin dan Universal Installer dari Pendrivelinux tetapi keduanya gagal booting. Setelah sedikit berselancar maka saya dapatkan tool khusus untuk membuat Mandriva LiveUSB yang bernama "mandiva seed for windows".
Hal yang dibutuhkan membuat Mandriva LiveUSB adalah:
- Mandriva Seed bisa anda download disini.
- Komputer dengan OS Windows (Saya pakai Windows 7)
- Flashdisk 1 GB

Langkah pembuatannya adalah:
  1. Setelah download mandriva seed langsung saja extract filenya. kemudian masuk ke folder mandriva seed kemudian double klik mandriva seed.exe kemudian cari folder tempat anda menyimpan file iso Mandriva KDE 2010. Pilih drive USB anda kemudian Klik "Create Live USB" Setelah selesai restart komputer anda.
  2. Kalau sudah 100% tinggal restart komputer anda
  3. Atur bios anda sehingga boot pertama ke Flasdisk (biasanya menekan tombol F2 atau Delete untuk masuk BIOS. Tunggu beberapa saat sampai sistem Mandriva seledai di Loading. Ini adalah beberapa screenshot dari Mandriva Free KDE 2010. Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment