Wednesday, December 15, 2010

Buat Repo Lokal dengan memamfaatkan /var/cache/apt/archives

Tips kali ini adalah membuat repo lokal dengan memamfaatkan file installer yang tersimpan pada /var/cache/apt/archives. Linux pada umumnya akan menaruh semua arsip dari aplikasi yang pernah kita install di kita. Tips ini berawal dari pengalaman pribadi yang mana karena terlalu sering mengutak-atik sistem yang menyebabkan sistem crash. Jurus pamungkas untuk mengatasi masalah ini adalah install ulang tetapi tidak terhubung koneksi internet dan kalaupun ada internet tapi tidak ingin mendownload aplikasi kesayangan satu persatu. Capek khan??? Nah mamfaatkan saja aplikasi yang tersimpan di /var/cache/apt/archives. Langkah-langkahnya adalah:
  • Copy semua file yang berada di /var/cache/apt/archives ke media lain bisa ke flashdisk atau ke partisi lain. Disini daya meng-copynya ke /media/data dengan nama repo (bisa lewat natulius maupun lewat terminal)
  • Langkah berikutnya adalah menginstall paket "dpkg-dev" agar proses dpkg-scanpackages bisa di execute. Caranya adalah dengan memasukkan CD Installer Ubuntu kemudian di terminal ketikkan "sudo apt-get install dpkg-dev" atau anda juga bisa mendownload paket dpkg-dev di warnet disitus http://apt-web.dahsy.at/ seperti yang saya lakukan kemudian menginstallnya dengan "sudo dpkg -i *.deb
  • Setelah paket dpkg-dev terinstall maka langkah selanjutnya adalah membuat index dari semua paket aplikasi yang tersimapan di folder repo. Caranya adalah masuk ke folder yang membawahi folder tempat anda menyimpan file-file tadi. Dalam kasus saya, saya menyimpannya di /media/Data/repo jadi saya harus masuk ke folder Data (di terminal):
cd /media/Data
sudo dpkg-scanpackages repo /dev/null | gzip -9c > repo/Packages.gz
sesuaikan namanya sesuai dengan nama yang anda berikan pada folder
tempat menyimpan file archives. Secara langsung maka akan terbentuk
sebuah file dengan nama Packages.gz
  • Kemudian tambahkan repo lokal ini ke sources.list. di terminal ketikkan
sudo gedit /etc/apt/sources.list
kemudian tambahkan alamat repo lokal ini:
deb file:///media/Data repo/

simpan perubahannya dan di terminal ketikkan sudo apt-get update atau di Synaptic klik tombol Reload, proses update akan berlangsung dan anda sudah bisa menginstall aplikasi kesayangan anda.

Catatan:
1.Anda tidak perlu lagi membuat file Packages.gz lagi di komputer lain tinggal copy folder repo (atau nama lain) jadi anda bisa menggunakannya di banyak komputer
2. Pastikan parisi tempat anda menyimpan ini aktif (termount) kalau mau menginstall program.
Have a Fun

No comments:

Post a Comment