Saturday, December 18, 2010

Kamus Inggris Offline di Ubuntu 10.10

Ubuntu merupakan distro yang sangat lengkap yang mendukung produktivitas kerja kita. Saya sempat memposting artikel tentang cara instalsi Kamus Inggris-Indonesia gKamus yang bisa dimamfaatkan bagi siswa atau siapa saja yang membutuhkan kamus Inggris-Indonesia. Dan bagi yang memerlukan kamus Inggris-Inggris (seperti Oxford English Dictionary yang terkenal), Ubuntu sudah menginstallnya secara default tetapi membutuhkan internet untuk mencari makna sebuah kata. Untuk bisa menggunakannya secara offline (tanpa koneksi internet) maka kita harus menginstall"dict-gcide". Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menginstall paket dict-gcide, yaitu 1). menginstall lewat terminal dengan mengetikkan "sudo apt-get install dict-gcide" (tanpa tanda petik dn diasumsikan anda sedang terhubung dengan intenet) 2). dengan mendownload paket dict-gcide secara manual di warnet di situs http://apt-web.dahsy.at/

Langkah konfigurasinya adalah:
1. Saya asumsikan bahwa ada menggunakan cara ke 2, setelah anda memasukkan kata kuncidict-gcide di kolom paket di http://apt-web.dahsy.at/ maka akan muncul 4 file yang harus anda download semuannya yaitu "dictd_1.11.2+dfsg-2_i386.deb,dict-gcide_0.48-6_all.deb,dictzip_1.11.2+dfsg-2_i386.deb dan libmaa2_1.2.0-1_i386.deb. Setelah semuannya didownload, buka terminal kemudian masuk ke tempat anda menyimpan file ini kemudian jalankan perintah penginstallan dengan perintah "sudo dpkg -i *.deb.
2. Setelah selesai menginstall dict, langkah selanjutnya adalah mensetting konfigurasinya. Buka aplikasi Dictionary dengan mengklik Application > Office > Dictionary. Setelah terbuka maka klik Menu > Preferences. Setelah terbuka maka pada tab "Source" klik Add dan setelah terbuka maka isi pada:
Description : LocalHOST
Transport: Dictionary Server

No comments:

Post a Comment