Monday, March 8, 2010

Instalasi Anti Virus ClamTk di Linux Mint 8 / Ubuntu Karmic Koala

ClamAV merupakan antivirus open source yang sangat populer. Hadirnya antivirus ini di Linux tidak diartikan bahwa Linux sudah rentan dengan virus. Sampai saat ini pengguna Linux masih bisa bernafas lega karena belum ada virus yang menyerang sistem ini. Tetapi seperti pepatah mengatakan "Sedia Payung sebelum Hujan" maka tidak salah juga untuk membentengi Linux anda dengan Anti Virus (Sebenarnya belum perlu sekali). Di samping itu anti vius ini bisa dipakai untuk membersihkan Virus yang menginfeksi Flashdisk saat menggunakan Windows. ClamAV hadir dengan interface yang kurang nyaman bagi Linuxer pemula karena menggunakannya lewat konsole tetapi ClamAV hadir dengan interface GUI yang disebut dengan ClamTk.

Instalasi

Untuk menginstall ClamTk dengan engine ClamAV maka tinggal buka Synaptic di: Menu > Administration > Synaptic Package Manager.

Kemudian dikolom search ketik ClamTk kemudian klik kanan "Mark For Instalation" kemudian klik "Apply" kemudian proses instalasi akan dimulai. Tunggu sampai selesai.

Scan Virus

Untuk memulai ClamTk tinggal Klik Application > System Tools > Virus Scanner.

Untuk memindai (scan) single file klik tombol "File" sedangkan untuk scan folder anda centang dulu "Recursive" kemudian klik tombol "Directory" otomatis proses pemindaian akan dimulai. Kalau ada virus yang ditemukan maka akan dilaporkan seperti gambar dibawah ini.

Untuk menghapus file yang terinfeksi atau menkarantina maka klik kanan file yang terinfeksi dan silahkan pilih sendiri apa filenya akan di karantina atau di hapus.


Update Virus Database

Untuk dapat mengenali virus-virus baru maka anda harus secara periodik memutahirkan (update). Caranya masuk ke terminal kemudian ketik:

$ sudo freshclam

1 comment:

  1. makasih om, lebih mudah pake clamtk dari pada ngetik di terminal, hehe

    ReplyDelete