Saturday, April 3, 2010

Merubah Tema Linux Mint 8 Menjadi Ubuntu

Karena lamanya saya memakai Ubuntu maka saat saya memakai Linux Mint 8 ada keinginan untuk mengubah tampilan Mint menjadi Ubuntu (walaupun hanya bertahan sehari dan balik ke tema Mint lagi). Linux Mint menu aslinya mirip dengan openSuse yaitu "Slab" yang agak mirip dengan menu Windows plus kotak filter untuk mencari aplikasi yang diinginkan.
Mint Menu hadir dengan hanya satu panel saja. Sementara itu Ubuntu hadir dengan 2 panel yaitu panel atas untuk meletakkan Menu Utama dan tempat notification area seperti
tempat meletakkan ikon utama seperti ikon network, indikator baterai, tanggal, dll.
Sedangkan panel bawah adalah untuk window list (menampung aplikasi pada saat diminimize).

Langkah mengubah temanya adalah:

  1. Klik kanan di taksbar kemudian pilih "New Panel". Otomatis akan ditambahkan panel baru diatas.
  2. Kemudian balik ke panel bawah kemudian klik kanan sekali lagi kemudian pilih "Delete This panel". Panel bawahpun lenyap tak berbekas.
  3. Kemudian klik kanan panel atas dan pilih "Add To Panel" pada dialog box pilihlah "Menu Bar ( a custom menu bar)" kemudian pilih "Add". Ulangi langkah ini untuk menambahkan " Notification Area, Clock,Shutdown,Log Out, dll".
  4. Kemudian tambahkan sebuah panel lagi dibawah dan tambahkan "Window List,Workspace Switcher, dan Show Desktop". Aturlah posisinya dengan mengklik kanan itemnya kemudian pilih "move" geser dengan mouse ke tempat yangdiinginkan.
  5. Untuk mengubah splash screenya silahkan install Ubuntu tweak dan ubah juga wallpapernya. Kini Mint anda sudah seperti Ubuntu.

No comments:

Post a Comment