Tuesday, April 6, 2010

Hadirkan Nuansa MacOS X di Linux Mint 8 / Ubuntu Karmic Koala

Tips kali ini adalah mengubah tampilan Linux Mint 8 menjadi mirip tampilan MacOS X. Langkah yang dilakukan adalah:
  1. Download Mac4lin disini (Mac4Lin_v1.0_RC.tar.gz,Mac4Lin_Icons_v0.3a.tar.gz dan Mac4Lin_Wallpapers_Part3_v0.4.tar.gz) disini.
  2. Tambahkan panel atas dengan mengklik kanan panel bawah > New Panel. Secara otomatis panel atas akan ditambahkan. Kemudian Pada panel atas tambahkan "Menu Bar, Notification area, Clock, dll" dengan cara Klik kanan pada panel atas kemudian pilih "Add To Panel"
  3. Hapus Panel Bawah dengan cara Klik Kanan kemudian pilih "Delete This Panel".
  4. Untuk mengganti tema dan iconnya, klik kanan Desktop anda kemudian pilih "Change Desktop Background " kemudian pilih tab "Theme" kemudian klik tombol"Install" kemudian arahkan ke tempat file Mac4lin yang anda unduh tadi. Untuk merubah temanya silahkan Klik tombol "Costumize" :
  • Controls = Mac4lin_GTK_Aqua_v.03
  • Window Borders = Mac4lin_GTK_Aqua_v.03
  • Icons = Leopard_Icons_v.03
  • Bacground = Pilih sendiri sesuai selera
5. Install Avant Window Navigator (AWN) sebagai ganti untuk panel bawah. Kemudian ganti thema AWN nya dengan tema "Glass-colourless white-border" Ini akan memberikan nuansa Mac.

6. Anda juga bisa mengganti Wallpaper seperti defaultnya Mac dengan mengexstract file Mac4Lin_Wallpapers_Part3_v0.4.tar.gz dan mengkopinya ke folder Pictures.


Tips ini juga bisa dilakukan untuk Ubuntu Karmic Koala atau Distro apa saja yang memakai GNOME sebagai desktop environment.

No comments:

Post a Comment