Thursday, March 4, 2010

Menambahkan Driver WiFi DELL Mini 10v dengan Linux Mint 8 / Ubuntu Karmic Koala

Beberapa Laptop merk Acer (Aspire 4730Z) dan Toshiba Sattelite Kartu Wirelessnyasecara langsung bisa digunakan tampa tambahan Driver lagi tetapi ada juga beberapa merk laptop paska instalsi Linux Mint 8, kartu Jaringan wireless belum bekerja otomatis karena drivernya belum terinstall, seperti laptop Dell Inspiron Mini 10v milik saya. Tetapi menginstall Wireless Card drivernya sangat gampang karena yang diperlukan hanya jaringan internet lewat kabel LAN (RJ45). Pastikan anda sudah menkonfigurasi repository. Anda bisa memakai repo defaultnya Mint atau bisa menggunakan repo dari http://kambing.ac.ui.id untuk koneksi yang lebih cepat.
Kemudian buka terminal dan ketik $ sudo apt-get update atau anda juga bisa membuka Synaptic kemudian klik tombol "Reload".

Langkah menginstallnya adalah:

  1. Untuk memulai instalasi Wireless card driver, klik Control Centre > Hardware > Hardware Driver. Tunggu beberapa saat.
  2. Setelah list drivernya muncul pilihlah jenis kartu jaringan anda dan pada laptop saya, saya pilih "Broadcom STA Wireless Driver" kemudian klik "Activate". Tunggu beberapa saat sampai drivernya selesai di download dan klik "Apply"
  3. Setelah selesai maka Reboot komputer anda dan jangan lupa untuk mencabut kabel LAN nya (RJ45).
  4. Sekarang Klik Kanan pada icon "Network Connection" dan anda akan melihat pilihan "Wireless Connection" dan Klik Jaringan yang anda untuk mulai koneksi. Pada Contoh ini saya menghubungkan laptop saya ke jaringan SMAN_Nusapenida. Selamat mencoba.

1 comment: