Tuesday, March 2, 2010

Menambahkan Repository Online Pada Linux Mint 8 / Ubuntu Karmic Koala

Repository atau repo adalah kumpulan softwares yang jumlahnya ribuan. Linux Mint 8 yang kompatibel dengan repo Ubuntu Karmic terdiri dari 7 DVD. Jadi kalau anda mau menambahkan repo dari DVD maka tinggal memasukkanya satu- satu kemudian Synaptic akan mengindex semua software. Kelemahan repo DVD adalah disamping biayanya mahal juga saat kita menginstall sebuah aplikasi kadangkadang kita harus memasukkan 3 DVD bolak-balik karena Justify Fullmasalah depedensi. Cara yang lebih efisien adalah mengcopy ke 7 DVD ke HDD tetapi bisa dipastikan sekitar 25 GB hadisk anda akan berkurang. So, solusinya?
Pakai repo lewat internet. Secara default Linux Mint sudah menyertakan repo dari servernya tetapi karena jaraknya yang jauh dan jumlah orang yang mengakses banyak maka bisa dipastikan bahwa akan sangat lambat. Jadi pakailah repo lokal Indonesia seperti reponya http://kambing.ui.ac.id. Untuk menambahkan repo ini kita harus mengedit sources.list. Langkah-langkahnya adalah:

1. Buka terminal kemudian ketik:
$sudo nano /etc/apt/sources.list
Anda juga bisa pakai gedit sebagai pengganti nano

2. Tambahkan text di bawah ini:
deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu karmic main restricted universe multiverse
deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu karmic-update main restricted universe multiverse
deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu karmic-security main restricted universe multiverse

3. Repo yang tidak diinginkan bisa dihapus atau hanya ditambahkan tanda hash (#) didepannya untuk mengabaikan kemudia simpan perubahan ini.
Buka terminal kemudian ketik:
$ sudo apt-get update

4. Setelah selesai diupdate silahkan buka Synaptic untuk menginstall aplikasi atau lewat terminal dengan mengetikkan:

$sudo apt-get install abiword

1 comment: