Wednesday, February 3, 2010

Mengubah Urutan Boot Order di Linux Mint 8 Helena

Pasca instalasi Linux Mint Helena, saya bermaksud mengubah urutan Boot pada grub soalnya laptop saya memakai Dual Boot yaitu Windows 7 dan Mint Helena. Kalau waktu saya masih memakai Ubuntu mengubah uutan boot ini sangat gampang, cukup pakai gedit dan ubah ubah default boot ordernya di /boot/grub/menu.lst. Karena Mint Helena berbasis Ubuntu Karmic Koala maka saya coba trik ini tetapi file grubnya tidak ditemukan. Setelah tanya teman ternyata letaknya di /boot/grub/grub.cfg dan saat saya edit dengan gedit ternyata tidak bisa karena file grub,cfg ini adalah read only. Atas saran teman (Mang Kamartina), menyuruh menggunakan Vi. Dan ternyata Vi memang lebih hebat ketimbang gedit. Langkahnya adalah:
1. Buka terminal dan login sebagai root
2. Ketik vi /boot/grub/grub.cfg
3. Cari string "set default="0" kemudian tekan i untuk masuk ke mode insert. Kalau di menu grub ada 5 pilihan maka pilihan pertama nilainya 0. Pada kasus saya Windows 7 loader ada di urutan ke 5 jadi karena saya ingin default bootnya ke windows 7 maka saya ganti nilainya menjadi "set default="4" 4. Untuk menyimpan perubahannya maka ketik :wq! (: adalah bagian dari command vi, w adalah write/simpan, q adalh quit/keluar dari vi dan ! untuk memaksa vi untuk melakukan perubahan tampa menanyakan lagi.

Catatan: Waktu untuk boot ke default adalah 10 detik dan kalau anda ingin mengubah tenggang waktunya, carilah string "set timeout=10" kemudian ganti nilainya sesuai keinginan anda.

3 comments:

  1. Pak, kalau cara buka terminalnya gimana?
    Maaf saya baru banget install linux + win7.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  2. Pak, kalau cara buka terminalnya gimana?
    Maaf saya baru banget install linux + win7.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  3. Pak, kalau cara buka terminalnya gimana?
    Maaf saya baru banget install linux + win7.
    Terimakasih.

    ReplyDelete