Wednesday, February 3, 2010

Menginstal Emerald Window Decorator di Linux Mint 8 Helena

Tampilan Aero-nya Windows Vista dan Windows 7 memang elegan dan membuat banyak orang kesemsem. Efect transparansi begitu indah. Bisakah Linux menyainginya?
Bisa, install saja Emerald dan anda akan terkagum-kagum dengan keindahan desktop anda. Begitu banyak tema yang bisa anda untuk di http://gnome-look.org. Sebelum menginstalasinya pastikan bahwa repository Linux mint anda sudah terkonfigurasi baik itu repo lewat internet maupun lewat repo DVD. Saya memakai epo online di kambing.ui.ac.id. Kemudian buka terminal kemudian ketikkan:

$sudo apt-get install emerald fusion-icon

Kemudian masukkan password root dan ketik Y untuk melanjutkan instalasi. Setelah selesai instalasi maka anda perlu mengaktifkan Compiz Fusion Icon dulu. Aplikasi ini ada di Menu > Administration > Compiz Fusion Icon
Setelah itu maka icon Compiz akan ada di taskbar. Untuk mengaktifkannya tinggal Klik kanan iconnya "Select Window Decorator > Emerald" dan "Select Window Manager > Compiz" dan untuk mengaktifkannya pilih "Reload Window Manager".
Sedangkan untuk menganti tema Emerald silahkan download dulu temanya di http://gnome-look.org dan pilih emerald. File yang anda download akan berextensi .emeral dan untuk menggantinya tinggal Klik kanan "Compiz Fusion Icon" kemudian pilih "Emerald Theme Manager". Setelah terbuka klik "Import" dan arahkan ke tempat anda menyimpan file yang berextensi .emerald tadi.
Tema favorit saya adalh VistaQ.emerald yang mirip dengan Aeronya Vista dan effect transparansi yang menawan. Selamat mendandani Linux Mint anda.

No comments:

Post a Comment