Tuesday, February 2, 2010

Instalasi Linux Mint di DELL Inspiron Mini 10

Kemaren saya posting artikel tentang Distro Linux untuk netbook. Tetapi saya penasaran apakah distro lainya yang standar tidak bisa diinstall di netbook. Awalnya saya mau install OpenSuse tetapi saya pikir akan terlau berat untuk netbook. Saya putuskan untuk menginstall Linux Mint 8. Dulu saya pernah memakai Linux Mint 3 Cassandra di PC dan saya menyukainya. Linux Mint 8 dengan kode Helena yang install di Dell Inspiron mini (Processor N270, 1 GB RAM, 160 HDD, Intel GMA VGA) bersanding dengan Window 7 Ultimate. Proses instalasinya sangat lancar cuma pada pembuatan partisi swap sangat lambat(20 menitan) sedangkan pada saat instalasi hanya membutuhkan 15 menit sebelum sistem siap di matikann ulang (reboot/restart). Saya menggunakan UFD 4 GB untuk membuat bootable USB dengan menggunakan Ubuntu USB Startup disk. Linux Mint 8 dibuat berdasarkan Ubuntu 9.04 Karmic Koala. Aplikasinya sangat loengkap seperti Office Suite dari OpenOffice.org, Firefox 3.5.3, Tranmission, Pidgins, Rhytmbox, Mplayer, Movie Player, Gnome Player, dll. Linux mint sudah mendukung berbagai codec multimedia seperti mp3, mpg, mp4, flv, avi,3gp,dll sehingga tidak berlebihan saya sebut Linux Mint sebagai One Stop Distro.

Effect animasi comfiz sudah secara default diinstall sehingga tinggal mengaktifkan dengan Klik kanan desktop > Change Desktop Effect > Visual Effect > Extra.

Memoles Tampilan Linux Mint

Untuk mempercantik tampilan Desktop Linux Mint 8 maka saya me-makeovernya
  • Icon saya pakai nuoveXT.2.2 yang iconnya mirip icon Windows Vista
  • Control saya pakai BlueCE
  • Windows Controlya saya pakai emelad dengan tema VistaQ yang memberikan effect transparant seperti Aeronya Window Vista. So cool.
  • Wallpaper saya pakai Minty_Iceland_4_by_Zwopper
Semua items diatasc saya unduh dari www.gnome-look.org



No comments:

Post a Comment