Sunday, May 17, 2009

Mengakses partisi NTFS di Ubuntu 9.04

Tutorial ini ditujukan kepada mereka yang baru bermigrasi ke Linux dan masih menggunakan Dual OS (baca Windows) dan karena sistem Windows masih memakai file sistem NTFS. Secara default kita belum bisa membaca tulis partisi NTFS. Untuk dapat mengakses partisi kita bisa menggunakan aplikasi ntfs-3g. Langkah - langkahnya adalah:
  1. Buka Terminal kemudian ketik"fdisk -l" untuk melihat susunan partisi anda. disisni di komputer saya ada 2 partisi NTFS yaitu sda1 yang berisi sistem Windows XP dan sda5 yang berisi Data.
  2. Saya akan membuat partisi sda5 yang berisi Data agar bisa diakses di Ubuntu. Untuk bisa mengakses partisi ini secara tidak permanen kita memerlukan directory untuk meyimpan hasil mount, buka terminal, kemudian ketik "$sudo mkdir -p/media/windows" (tanpa tanda kutip). Untuk memountnya berikan perintah di terminal "$sudo ntfs-3g/dev/sda5 /media/windows". sekarang anda bisa mengakses, membuka maupun menghapus file di partisi NTFS.
  3. kalau anda mau partisi ini termount secara permanen maka anda menambahkan text di /etc/fstab. masuk ke terminal, kemudia ketik "gksudo gedit /etc/fstab". Setelah fstab terbuka pada bagian bawah tambahkan baris text ini:
    /dev/sda5 /media/windows ntfs-3g
    default,locale=id_ID.UTF-8 0 0
Note:
Kalau ada pesan kesalahan"Couldn't set locale to"id_ID.UTF-8......"cek informasi locale anda dengan mengetikkan "locale -a" di terminal.


No comments:

Post a Comment