Tuesday, May 5, 2009

Hardinfo; Utility untuk Mengetahui Sistem Properties Komputer di Ubuntu 9.04

Suatu hari saya ditanya sama teman gimana cara melihat sistem properties di Ubuntu seperti yang dia lakukan di Windows. Saya jawab pake saja "Gnome Device manager" dan setelah di install ternyata teman saya itu agak kecewa karena kurang detail dan tampaknya dia agak kecewa. Saya pun diam dan berlalu. Suatu hari ketika saya cari aplikasi tambahan Ubuntu di "getdeb.net", secara tidak langsung saya menemukan "Hardinfo" yang berguna untuk melihat detail dari Sistem komputer. Anda bisa mengunduh versi hardinfo sesuai veri Ubuntu yang anda pakai. Saya menggunakan Ubuntu 9.04 jaunty Jackalope sebagai percobaan. Ketika saya kasih tahu teman yang dulu dia pun sangat puas. Cara instalasinya adalah:
  1. Download hardinfo dari getdeb.net, kemudian klik dua kali untuk memulai instalasi.
  2. Setelah selesai instalasi maka aplikasi ini bisa ditemukan dengan mengklik "System>Preferences>System Profiler and benchmark.
  3. Setelah aplikasi ini terbuka maka anda akan bisa melihat detail dari Komputer anda seperti Processor, Chipset, VGA, RAM, HDD, OS dan lain-lainya.

No comments:

Post a Comment