Sunday, November 2, 2008

Tips Menggunakan Google Chrome; Browser Canggih Besutan Google

Siapa yang tidak tahu Google; Mesin Pencari (Search Engine) terbesar di dunia. Baru- baru ini Google meluncurkan Chrome sebuah browser. Karena nama besar Google maka dalam hitungan mingguan sudah jutaan orang mendownload dan menggunakan chrome untuk berinternet. Menurut penelitian yang dilakukan www.w3schools.com browser terbanyak yang dipakai saat ini di dunia adalah Mozilla Firefox (43,7%), IE7 (26%), IE6 (24,3%), Safari (2,6%) dan Opera (2,1%). Paska 2 minggu peluncuran Google Chrome, penggunanya sudah 0,85% sebuah angka yang Fantastis. Apa yang membuat Google Chrome begitu menarik? Saya akan coba untuk mengulas beberapa fitur Google Chrome.

Tampilan Awal.

Unduh dulu aplikasi Google Chrome di alamat http://www.google.com/chrome dan minimal OS anda Windows XP SP2. Kemudian install aplikasinya. Paska instalasi maka anda akan mendapatkan antar muka yang sederhana seperti tampilan Google-nya Google. Tampilan Google Chrome adalah seperti di Bawah ini:

Fitur-fitur Google Chrome antara lain:

1. Tab Browsing

Google Chrome mendukung Tab Browsing dan ketika anda mengklik tanda "+" maka otomatis ditambahkan Tab Baru yang tampilannya seperti Speed Dialnya Opera tetapi Google Chrome menamai "Most Visited". Loading Google Chrome lumayan cepat dibanding Firefox maupun Internet Explorer.

2. Anonymous Browsing

Google Chrome mendukung anonymous browsing dengan mengklik gambar buku disebelah kanan dan pilihlah "New Incognito Windows" maka aktifitas berinternet anda tidak akan dicatat di PC. Semua history, cache, cookies atau bukti-bukti lain tidak akan terekam, jadi anda aman mengunjungi site yang anda rahasiakan. Tampilannya adalah seperti dibawah ini:


3. Impor Bookmark dan Password dari Firefox maupun IE.

4. Pencarian langsung di Address Box.

Untuk mencari sesuatu anda tidak perlu membuka google.com lagi tetapi langsung mengetikkannya di Address Bar atau Omni-Bar. Begitu anda tekan "Enter" maka hasil pencariannya langsung ditampilkan.

5. Task manager

Google Chrome telah dilengkapi dengan Task Manager seperti Windows. Fitur ini digunakan untuk menghentikan halaman web yang hang atau plugins yang tidak merespon. Untukmengaktifkannya tinggal tekan tombol "Shift" + "Esc"

6. Theme

Tampilan Google Chrome bisa kita ganti-ganti. Untuk mendapatkan theme Chrome silahkan unduh disini. Setelah anda dapatkan maka sekarang tinggal mengextract hasil unduhan itu ke Program Filenya Windows.
  • Untuk Windows XP extract ke: C:\Documents and Settings\Nama_User\Local Settings\Application Data\Google\Chrome\Application\0.2.149.29\Themes
  • Untuk Windows Vista extract ke:C:\Users\Nama_User\AppData\Local\Google\Chrome\Application\0.2.149.29\Themes
Kemudian masuk ke folder hasil extract kemudian copy file yang bernama "default.dll" dan paste di root foldernya Theme kemudian restart Chrome anda. Maka anda akan mendapatkan tampilan baru sesuai dengan kemauan sendiri. Saya sangat menyukai tampilan Safarinya MacOs X jadi saya mengubah tampilan Chrome dah Firefox saya seperti Safari.

Untuk mendalami lebih jauh dari Google Chrome, silahkan baca panduannya http://lifehacker.com/5045904/the-power-users-guide-to-google-chrome.





No comments:

Post a Comment