Sunday, November 16, 2008

Goodbye Mandriva, Welcome Ubuntu Onto My System

Suatu ketika disebuah Blog (saya lupa namanya) menuliskan " gunakan distro Linux yang teman anda juga pakai, sehingga apabila anda mempunyai masalah, anda punya tempat untuk bertanya". Semakin banyak orang yang memakai suatu distro maka akan semakin banyak pertolongan yang bisa didapat. Setelah 5 tahun menggunakan saya menggunakan Mandriva (dari Mandrakelinux 9.1 - Mandriva 2009), mutuskan untuk akhirnya saya memutuskan untuk beralih ke Ubuntu sebagai OS Primary.Adapun alasan saya meninggalkan Mandriva dan beralih ke Ubuntu adalah:
  • CD installer yang disediakan makin hari makin berkurang, dari 4 CD pada Mandrakelinux 10 menjadi 3 CD pada Mandriva 2005-2007, dan hanya 2 CD pada Mandriva 2009.Jadi paket software banyak berkurang. Memang kita bisa update lewat Repo online tetapi bagi yang tidak punya internet, ini menimbulkan masalah.
  • Setting wireless di Mandriva lumayan susah. Saya mencoba pake Ndswrapper dan mad Wifi, tetap tidak ada respon. Ketika dicoba dengan Ubuntu langsung connect.
  • Ubuntu datang dengan 1 CD installer dan 5 DVD Repo. Suatu paket software yang melimpah.Sebelu memilih Ubuntu, OpenSuse 11 adalah pilihan saya karena paketnya 1 CD installer + 6 DVD Repo tetapi berhubung di ICT Klungkung memutuskan untuk menggunakan Ubuntu sebagai pilihan Distro di Sekolah -sekolah di Klungkung, maka saya juga memutuskan untuk memakai Ubuntu. Suatu ketika saya berkesempatan ikut workshop di Jurusan Ilmu Komputer (Ilkom) Unud yang dihadiri olehpeserta dari seluruh Bali, dan ternyata Lab Komputer Unud juga pake Ubuntu dan dari seluruh peserta workshop hari itu, ternyata saya sendiri yang memakai Ubuntu.
Dari hal tersebut saya akhirnya memutuskan untuk menggunakan Ubuntu. Tetapi Distro apapun yang kita pake, itu tetap Linux yang free dan menyenangkan. Goodbye Mandriva!!!!

2 comments:

  1. wah wah bli dueg ngaggo ubuntu nozk ajahin jep bli
    week caruban nawang pak made adnyana kepsek sd3 caruban

    ReplyDelete
  2. Masih belajar linux. Tiang kenal sama pak made bapak mang. salam

    ReplyDelete