Monday, November 24, 2008

Ber-Internet Ria dengan USB Modem VT21 dan Kartu Starone di Ubuntu 8.04

Biaya Internet sekarang makin mudah dan murah saja, kalau tidak nebeng gratis di teman atau kantor bisa juga pake operator Telepon. Telkom dengan Speedy-nya, Telkomsel dengan Telkom Flash dan Indosat dengan Starone. Nah karena paket yang ditawarkan lumayan murah akhirnya saya memilih Starone paket 1 GB seharga Rp.109.000 sebulan dengan menggunakan modem USB VT21. Dirumah saya menggunakan dual boot yaitu Windows XP unhtuk browsing dan Linux untuk bekerja. Saya mencoba menanyakan ke teman-teman pengguna linux bagaimana menggunakan modem VT21 untuk berintenet, akhirnya dapat juga tipsnya. Tips adalah menggunakan WVdial. langkah-langkahnya adalah:
  1. Install wvdial lewat Synaptic dan bagi pengguna Ubuntu Ultimate Edition, wvdial sudah terinstall.
  2. Masukkan moderm VT21 dan buka terminal. Ketikkan wvdialconf dan enter. Ubuntu akan mendeteksi modem.
  3. Anda diberitahu untuk mengedit hasil deteksi ubuntu anda yang ditempatkan di folder etc/wvdial.conf/. Buka terminal dan edit konfigurasi modem dan kartu anda dengan gedit datau vim. Misalnya saya pake gedit> sudo gedit /etc/wvdial.conf. Kalau anda memakai kartu starone ketikkan detail seperti dibawah ini.
  4. Untuk kartu yang lain silahkan sesuaikan sesuai dengan operator. Kemudian tutup gedit dan untuk mengecek apakah konfigurasi sudah benar dan dapat connect ke internet, silahkan ketik >wvdial di terminal. Kalau ada respon berarti sudah konek.
  5. Buka aplikasi browser anda dan nikmati internet dengan Linux. ternyata Linux sangat pintar dan cerdas. Happy browsing......
Saya menggunakan Komputer Pentium 4 2.0 GB, 512 RAM, 80 GB HDD dan 128 MB Ati Radeon dan Ubuntu Ultimate Edition 1.9. Tips ini juga bisa digunakan dengan menggunaklan Handphone sebagai modem.

No comments:

Post a Comment