Monday, August 18, 2008

PCLinuxOS GNOME 2008; Distro Alternative untuk LinuXer Pemula

PCLinuxOS GNOME 2008 atau PCLOS GNOME merupakan Distro yang dikembangkan oleh PCLinuxOS. PCLinuxOS sendiri dikembangkan berdasarkan Distro Mandriva yang berbasis RPM dengan menggunakan KDE sebagai desktop defaultnya. Dan Repository Mandriva pun juga sangat kompatibel dengan PCLinuxOS. PCLinuxOS saat ini menempati urutan 5 (Ubuntu, openSuSe, Fedora, LinuxMint dan PCLinuxOS) sebagai Distro terpopuler di dunia versi Distrowatch.org. Dengan kesuksesan PCLinuxOS dengan KDE-nya pengembangnya pun membuat PCLinuxOS versi GNOME. Ini mungkin untuk mencoba mengikuti kesuksesan beberapa Distro besar yang menggunakan GNOME sebagai desktop default seperti Ubuntu, LinuxMint, dll. Theme deafaultnya kelihatan sangat mantap dengan dominasi warna hitam seperti desktopnya Ubuntu Ultimate Edition. Versi GNOME yang dipakai adalah versi 2.21.2. Distro ini menggunakan Live CD Install, jadi kita bisa mencoba dulu sebelum kita memutuskan untuk menginstallnya. Efek 3D Desktop belum terinstall secara default.

PCLinuxOS GNOME 2008 ini sangat cocok untuk Linuxer pemula yang gandrung sama Multimedia karena untuk urusan Multimedia, Distro ini sangat lengkap aplikasinya dan juga Multimedia codecnya pun sudah terinstall secara default. Untuk memutar file mp3, PCLinuxOS GNOME 2008 menyertakan Banshee Music Player yang antarmukanya mirip dengan Rhytmbox dan juga disertakan XMMS yang merupakan pemutar mp3 pioner dilingkungan Linux. Untuk video player telah disertakan GNOME Mplayer, Totem Media Player dan VLC. Aplikasi CD Playerpun sudah tersedia. Untuk Meripping CD Audio telah ada aplikasi AcidRip. Bagi yang senang mengedit mp3 ndak perlu khawatir karena telah terinstall Audacity Sound Editor dan aplikasi Kino untuk video editor sekelas Ulead Video Studio atau Pinacle. Bagi yang punya iPod sudah ada GtkPod sebagai pengganti iTunes yang belum tersedia di dunia Linux. Sealain itu ada aplikasi Me TV dan Radio Streamer untuk mendengarkan siaran radio lewat internet.

Untuk aplikasi pengoalah kata (word processor), PCLOS GNOME menggunakan AbiWord 2.4.6 yang jauh lebih ringan dari OpenOffice yang kompatibel dengan dengan MS Word, sedangkan Aplikasi Pengolah Tabel (Spreadsheet) nya menggunakan Gnumeric 1.7.0 yang juga sangat mirip dengan OpenOffice.calc dan MS Excel. Untuk membaca file PDF telah ada Xpdf dan Evince Document Viewer 0.8.0.

Untuk urusan dunia Internet, PCLOS GNOME Firefox 2.0.0.12 dan Ephipany sebagai Web Browser. Untuk IM nya ada Pidgin dan XChat IRC sedangkan untuk e-mail managernya sudah ada Mozilla Thunderbird. Untuk membaca RSS kita telah disediakan Liferea Feed Reader. Aplikasi lainnya yang berhubungan dengan internet pun banyak tersedia.

Untuk Aplikasi grafis hanya tersedia photo Viewer dan pengolah photo berbasis bitmap The GIMP yang mirip dengan Adobe Photoshop. Sayang pengolah gambar berbasis vector "Inkscape" belum terinstall secara default.

Bagi yang senang bermain game ringan, PCLOS GNOME menyediakan Free cell, Mahjong, Sudoku, Solitaire, dll. Aplikasi programming juga tersedia. Jadi secara keseluruhan, Distro ini sudah sangat lengkap untuk keperluan sehari-hari bagi pemula. Yang sudah Expert (berpengalaman) juga layak menjajal Distro yang satu ini.

No comments:

Post a Comment