Sunday, August 24, 2008

5 Alasan Saya Menyukai Linux dan 5 Alasan Orang Tidak Menyukai Linux

Banyak teman penulis bertanya kenapa saya menyukai Linux. Saya katakan pada mereka bahwa saya menyukinya karena:
  1. 1000% gratis dan legal.
  2. Terbebas dari virus lokal seperti virus Brontok, Virus Banjir, Virus Cetik, dan lain-lain. Terkadang saya membersihkan Flashdisk teman yang terkontaminasi virus dengan linux karena virus ini hanya aktif di lingkungan Microsoft Windows.
  3. Saya selalu bergairah untuk mempelajari hal-hal yang baru.
  4. Ada perasaan bangga bisa menggunakan OS lain selain Microsoft Windows.
  5. Ada beragam Distro yang sesuai dengan kebutuhan kita.
Dan ini alasan orang lain (baca"teman") tidak menyukai Linux:
  1. Proses instalasinya sulit.....
  2. Sudah terbiasa dengan Microsoft Windows dan semua pekerjaan sudah bisa ditangani dengan windows. Kalau terkena virus tinggal install ulang aja (walau dengan OS Bajakan).
  3. Beberapa driver dan aplikasi belum tersedia di Linux (driver modem, scanner, games sekelas Need For Speeds, dll)
  4. Malas mempelajari yang baru.
  5. Dan alasan ini, alasan itu, dan alasan yang lainnya.....
Catatan:
Penulis menyukai Linux tetapi tidak anti OS lain. Penulis juga masih menggunaan OS Microsoft Windows. Harus diakui bahwa orang-orang Indonesia melek komputer (IT) berkat OS besutan Bill Gates. Kita tidak perlu munafik.

No comments:

Post a Comment