Sunday, February 1, 2009

Membersihkan "Virus Amburadul" yang Bikin Komputer Amburadul

Kemaren saya dimintai tolong sama teman yang katanya file gambarnya yang di Flashdisk tidak bisa dibuka yang ternyata gambar itu mengandung virus. Begitu virusnya aktif maka segera dia akan membuat Folder dengan nama "Images" dan beberapa file gambar disetiap Partisi yang ada di komputer, diantaranya : Frienster community, Palma,Jembatan Khayalan, dan Fotoku".


File-file ini seolah-olah berextention.jpg tetapi sebenanya adalah Palma.jpg.exe yang bila ditampilkan detail filenya maka tipenya adalah "Application". Virus Amburadul bukannya virus baru tetapi virus ini telah menyebar di beberapa sekolah di Klungkung, dan karena kemaren saya berhasil membersihakan beberapa Flashdisk dan Laptop. Virus yang di Flaskdisk dengan mudah dibersihkan dengan menggunakan Linux permasalahan yang muncul adalah bagaimana membersihkan sistem yang terinfeksi virus? Penulis mencoba menggunakan Linux LiveCd tetapi tidak berhasil karena rupanya Virus ini sudah mengobrak-abrik registry. Kemudia penulis mencoba menggunakan PCMAV yang didapat disetiap pembelian Tabloid PC Mild. Permasalahan muncul karena setiap mengeksekusi file PCMAV-CLN maka virus dengan sigap menutup aplikasi ini dan menghapusnya dengan segera. Kalau kita beusaha masuk ke "Safe Mode" atau "Safe Mode with Command Prompt Only" maka otomatis akan masuk ke BSOD (Blue Screen). Terus Gimana caranya?
  1. Rename PCMAV-CLN dengan nama lain selain yang mengandung kata-kata:Anti, Anti Virus, Install, Setup", misalnya penulis mengganti dengan nama "Cicing (maaf...agak marah dikit dengan pembuatnya). Kemudian jalankan applikasi ini. PCMAV-CLN akan mendeteksi adanya virus di memory.
  2. PCMAV-CLN (Cicing) akan menscan memory dulu kemudian membersihkan Virus Amburadul yang mendekam di memory.
  3. Scan semua partisi yang ada dan kalau sudah selesai kemudian pilih "Cure Files".
  4. Hapus Folder"Images yang ada di setiap partisi.

Sekian dulu cara menghilangkan virus amburadul sehingga komputer anda tidak amburadul lagi

No comments:

Post a Comment