Friday, February 13, 2009

Instalasi AVG Free Edition di Ubuntu 8.10

Pepatah "Sedia Payung Sebelum Hujan" tidak ada salahnya kita terapkan di Linux, walaupun untuk sementara pengguna Linux bisa terbebas dari serangan virus terutama virus local yang keberadaannya sangat menggangu. Virus local (baca Virus buatan orang Indonesia) biasanya dibuat dengan Visual Basic dan kayaknya para pembuat virus masih belum tertarik untuk bikin virus untuk Linux tetapi tidak ada salahnya kita antisipasi dengan menginstall antivirus di Lnux. Dengan kita pasang antivirus tidak saja untuk membentengi sistem kita tetapi ini juga bisa dipakai untuk membersihkan Flaskdisk saudara-saudara kita yang masih menggunakan Microsoft Windows sebagai Sistem Operasi utama. Kali ini penulis akan memberikan tips untuk menginstall AVG 7.5 Free Edition for Linux pada Ubuntu 8.10. Langkah-langkahnya adalah:

1. Download AVG Free Edition di sini
2. Install aplikasi dengan Klik dua kali AVG Installernya atau dengan "dpkg"
Setelah selesai instalasi maka AVG Antivirus bisa ditemukan di "Accessories>AVG for Linux
Station.
3. Kalau anda mau meng-update Virus Database dan keluar pesan error " Update Process Failed. Reason: Sorry you don't have permission to excute AVG upade" silahkan masuk ke Terminal, kemudian ketikk: $sudo adduser avg

4. Log out dari Desktop Ubuntu anda. Anda akan mampu meng-update AVG anda, tetapi sayang anda perlu koneksi Internet untuk proces Updatenya karena AVG For Linux tidak menyediakan opsi untuk Update dari Folder/file seperti yang di Windows. Semoga versi berikutnya pilihan "update fro directory/folder" bisa ditambahkan.
5. Kalau anda mau agar AVG juga men-scan file terkompresi (.tar,.zip,.7zip,dll), silahkan masuk ke menu "Service > Program Setting". Masuk ke menu "Test" terus beri tanda centang pada pilihan "Heuristic analysis" dan "Prcess Archive" kemudian akhiri dengan meng-klik tanda "Apply"
Sekian tips AVG untuk Linux semoga anda bisa membantu teman atau kerabat yang flashdisknya terserang virus.

No comments:

Post a Comment