Tuesday, July 29, 2008

Blankon Linux 3.0 (Lontara): Simple tapi Padat

Rilis Ubuntu Hardy Heron sudah mengguncang dunia. Rilis Ubuntu yang LTS ini sudah dinantikan oleh jutaan penggemar di seluruh dunia. Berbagai Party dilakukan dilakukan untuk menyambut kehadiran Distro ini. Berbagai turunan distro ini pun sudah rilis baik itu turunan resmi maupun turunan tidak resmi seperti Kubuntu, Xubuntu, Edubuntu, dll. Di Indonesia YPLI juga merilis turunan Ubuntu yaitu Blankon 3.0 yang berkode Lontara. Ada 2 versi yang ditawarkan oleh Blankon yaitu Versi minimalis yang ditujukan untuk komputer berspek rendah dan Versi Standar untuk komputer yang lebih baru. Distro ini sangat cocok bagi pemula karena proses instalasinya yang mudah. User juga tidak direpotkan menginstal berbagai Codec multimedia karena semuanya sudah dipaketkan. Efek 3D pun sudah bisa anda cicipi langsung.
Begitu selesai instalasi, anda langsung bisa berexplorasi. Anda bisa memainkan mp3 kesayangan anda, anda bisa memainkan DVD dengan Totem Media Player. Kalau anda mau mengetik sudah ada aplikasi Openoffice 2.4, ada Gimp untuk mengolah gambar dan juga disertakan Inscape kalau anda mau mengolah gambar berbasis vektor. Mozilla Firefox 3.0 sudah tertanam secara default. Sayang aplikasi emulator wine belum terinstall secara default tetapi jangan khawatir anda bisa menginstall lewat repository Ubuntu 8.04. Anda juga bisa berexperimen mengubah tema sesuai kesenangan sendiri.
Penulis mencoba mendandani Blankon 3.0 sehingga mirip dengan tampilan MacOS dengan theme Mac4lin dan AWN. Sangat menawan. Sungguh merupakan distro simple tapi padat, 1 CD instalasi sudah komplet...plet..plet...pleeet....

1 comment:

  1. maan gen ide nyoba linux nah, jahe ngalih distrone boss?

    ReplyDelete