Saturday, May 3, 2008

Manajemen G-mail pada Thunderbird

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memampukan POP3 di Akun G-mail anda. Silahkan login dulu di http://gmail.google.com, kemudian klik LINK SETTING kemudian centang pilihan ENABLE POP FOR ALL MAIL.
Pada opsi WHEN MESSAGES ARE ACCESSED WITH POP, pilihlah KEEP GMAIL'S COPY INBOX, kemuadian klik SAVE CHANGES.

Setelah itu kemudian buka aplikasi Thunderbird dan ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Pada halaman "New Account" pilih dan isilah "e-mail account"
  2. Pada halaman identity isilah user name dan alamat e-mail anda
  3. Pada halaman Server Information, pilihlah "Pop" pada pilihan incoming server". Pada menu "incoming server" isikan "pop.gmail.com" dan outgoing server dengan "smtp.gmail.com
  4. Pada halaman user name dan account names, anda dapat langsung menggunakan isisan yang tertera.
  5. Setelah muncul pesan "congratulation" kliklah "Finish"
  6. Setelah anda masuk ke menu utama thunderbird, klik "Menu-Edit-Account Setting". Pada halaman utama Account Setting, klik outgoing server (SMTP) kemudian klik "Edit". Pada halaman SMTP isi portnya dengan 587, centang option "usernames & password. Isilah username dengan alamat e-mailanda. Pada pilihan "use secure connection" dengan pilihan TLS.
  7. Langkah berikutnya adalah menkonfigurasi port POP3 G-mail. Klik menu "Server Settings", kemudian ubahlah isian port menjadi "((%" dan "Security Setting" dengan pilihan "SSL"
  8. Kembali ke halaman utama Thunderbird, klik "Get E-mail" untuk memulai mengunduh e-mail anda.
Catatan : penggunaan tanda petik ("...") hanya untuk menekankan pilihan, dalam prakteknya jangan menulis tanda tersebut.

No comments:

Post a Comment