Wednesday, April 13, 2011

My Fancy Desktop based On Ubuntu 10.10

Beberapa teman menanyakan gimana caranya membuat desktop seperti desktop saya yang kinclong (hi hi).Yang saya lakukan setelah fresh installasi adalah:

1. AWN

Hapus panel bawah dan menggantinya dengan Avan Window Navigator (AWN). Untuk menghapus panel bawah adalah dengan klik kanan di panel bawah > Delete This Panel. AWN sudah ada di repository ubuntu (anda hanya tinggal setting internetnya aja).Pasca installasi maka aplikasi AWN bisa dilihat di Application > Accesorries > Avant Window Navigator.
Setting sedikit AWN dengan Mengklik logo AWN dan pilih Dock Preferences. Pada Jendela utama AWN (Preferences), settingan saya adalah: Size of Icon = 32 pixels, Orientation = bottom, Style = None (sesuaikan dengan selera anda), Behaviour = Intellihide Autohide mode = Fade Out, Icon effect = Squish dan centang "Start AWN Automatically"
Di tab Apllet saya tambahkan Cairo Clock dan Volume Control
Di Tab Themes saya tambahkan theme "Maveric Abiance 0.1" yang saya download dari gnome-look.org

2. Global Menu
Pada panel atas tambahkan Global Menu untuk menambah fitur MacOS X yang saya sukai. Panel atas saya kostumasi dengan menghilangkan tampilan Jam, notification area dan user. Yang saya tambahkan adalah icon Gnome Main Menu, Shutdown, Windows switcher, Battery, Network dan Global Menu.
3. Icon dan Tema
Icon yang install adalah Faenza Icon dengan logo Debian. Tema yang dipakai adalah Mint-X

4. Wallpaper
Wallpaper yg dipakai adalah Ubuntu_Livewire yang saya dapat dari devianart.com (kalau tidak salah)

5. Desktop Effect
Saya tambahkan Confiz untuk membuat effect desktop yang luar biasa. Aplikasi ini bisa ditemukan di System > Preferences > ConfizConfig Setting
Silahkan berexperimen sendiri. Settingan saya adalah:
Pada Tab "Desktop" yang pilih adalah: Expo, Desktop Cube, Rotate Cube dan Viewport Switcher sedangkan pada Tab "Effects" adalah: Fading Windows, Wobbly, Minimize Efects dan window decoration.


6. Conky
Saya tambahkan conky untuk system information. Untuk instalasi dan settingnya sudah saya bahas di artikel pada bulan Januari 2011. Artikelnya bisa dibaca disini

Tampilan terakhir destop saya adalah seperti ini:


2 comments:

  1. untuk apa ada banyak os pada 1 pc ?
    apakah nggak ada dampak lain ya ?

    ReplyDelete
  2. Kenapa banyak OS?
    Jawabannya banyak diantaranya kalau hang satu masih bisa pake lainnya. Saya sehari2 pake ubuntu tapi ada saat tertentu saya harus pake windows.kalau dampak kinerja sing rasanya tidak karena yang aktif kan cuman 1 OS.

    ReplyDelete