Monday, January 17, 2011

Ganti GRUB loader dengan BURG yang cantik

Apabila anda merasa bosan dengan tampilan Bootloader Ubuntu anda yang hitam, maka anda bisa mencoba BURG yang revolusioner. BURG (Brand New Universal Bootloader) sudah menukung banyak Distro Linux, Windows dan MacOS X. Untuk menginstallnya anda lagi-lagi membutuhkan koneksi internet. Langkahnya adalah:
1. Buka Terminal kemudian ketikkan:
sudo add-apt-repository ppa:bean123ch/burg
sudo apt-get update (tungggu sesaat sampai proses pengindex selesai)
sudo apt-get install install burg burg-themes
2. Kala muncul dimana menginstall BURG maka pilih "dev/sda" kecuali bootloader anda

mempunyai lebih dari satu HDD maka anda harus menentukan dimana mau meletakkan Boatloader ini. selanjutnya proses akan berlangsung. Untuk melihat themanya maka buka terminal kemudian ketikkan "burg-emu" dan untuk mengubah temanya tekan F2

Menambahkan tema baru

Download tema BURG baru (search di Google), contohnya saya download thema Fortune.tar.gz, Autumn-Refined.tar.gz dan Radianceblack.tar.gz kemudian extract dengan klik kanan "Extract Here" kemudian buka terminal dan masuk ke folder tempat anda mengextract tema tadi.
Contoh:
Saya meletakkan di home
cd ~
cd Fortune-BURG-v03
sudo cp fortune -r /boot/burg/themes

Langkah yang sama untuk menginstall tema lainnya dan untuk mengubah tema maka sama dengan langkah diatas (buka Terminal ketik burg-emu kemudian F2 untuk memilih tema yang baru install. Di bawah ini adalah beberapa screenshot dari BURG yang saya install di Asus EEE Pc 1015P dengan triple OS (Ubuntu 10.10, Linuxmint 10 dan Windows 7 Home Premium)

Selamat bersenang-senang.

2 comments:

  1. Sangat menarik sekali. Jika dibandingkan dengan Grub default Linux, BURG sangat menarik. Patut untuk dicoba. Terimakasih atas sharingnya.

    ReplyDelete
  2. mantap ternyata skin grub ada juga ya di ubuntu :)

    ReplyDelete