Wednesday, December 2, 2009

Menambahkan mp3 Codec di Ubuntu 9.10 (Karmic Koala)

Beberapa hari lalu saya menginstall Ubuntu 9.10 (Karmic Koala) di rumah. Agak telat sich karena saya lagi malas soalnya Blankon Lontara sudah banyak tambahan aplikasi. Karena provokasi teman akhirnya system saya install ulang. Memang ada penambahan kecepatan dalam proses instalasi dan sistem loading pasca install. Nah Ubuntu yang datang dengan mengusung kebijakan free dan open source software, memang dari dulu tidak mendukung format mp3 dalam memainkan musik. Bagi yang mempunyai koneksi internet tidak jadi masalah karena Totem Media Player selalu menawarkan untuk memasang video atau audio codec yang tidak ada di sistem saat anda memainkan format media yang tidak secara default tersedia di Ubuntu. Nah saya tidak mempunyai internet acces di rumah jadi agak bingung gimana caranya biar si Ubuntu mau mainin koleksi mp3 saya? Saya baru ingat bahwa dulu saat saya menginstall Ubuntu 7.10 saya juga mengalami hal yang sama (tidak bisa mainin file mp3). Jadi dulu saya mengundul file codec dari rendra.net. Saya cobain di Ubuntu 9.10 ternyata mp3 codec untuk 7.10 bisa juga diinstall disini.Pasca instalasi saya bisa memainkan koleksi lagu saya (mp3) dan Video dengan format mpg/mpeg. Untuk menginstall codec ini, langkah - langkah yang harus dilakukan adalah:
  1. Megunduh kumpulan mp3codec dalam format tarbz dari rendra.net.
  2. Copy ke Documents kemudian extract di folder ini. Setelah itu maka akan terbentuk sebuah folder dengan nama mp3ubuntu710 dengan 7 file :gstreamer0.10-plugins-ugly_0.10.6-0ubuntu2_i386,liba52-0.7.4_0.7.4-11_i386,libdvdread3_0.9.7-3ubuntu1_i386,libid3tag0_0.15.1b-10_i386,libmad0_0.15.1b-2.1ubuntu1_i386,libmpeg2-4_0.4.1-1_i386 dan libsidplay1_1.36.59-4_i386.
  3. Buka terminal kemudian ketik:

$ cd Documents

$ cd mp3ubuntu710

$ sudo dpkg i *.deb

masukkan pasword yang diminta4. Bukalah aplikasi pemutar musik seperti Rhythmbox dan cobalah memainkan koleksi mp3 anda. Selamat menganguk-anggukan kepala seraya mendengarkan alunan koleksi musik anda.

1 comment: