Friday, July 3, 2009

Pilih mana Blankon 5.0, Super OS 9.04 atau Ultimate Edition 2.2?

Ketiga Distro diatas merupakan turunan Ubuntu 9.04 yang merupakan Distro Linux terpopuler dan terbanyak di gunakan di dunia versi distrowatch.com. Saya memilih ke tiga distro ini karena ketiganya sudah mendukung Proprietary codecs dan tampilan masih menyerupai Ubuntu hanya tema dan paket aplikasi yang disertakan yang berbeda. Saya tidak memberikan pilihan distro turunan Ubuntu lainnya seperti Linuxmint dan lainnya mengingat tampilan sepintas yang berbeda dengan Ubuntu. Bagi para Newbie (pemula) ketiga distro ini layak dipertimbangkan. Kalau anda memerlukan distro dukungan Bahasa Indonesia yang bagus maka Blankon 5 Nanggar merupakan pilihan yang paling tepat karena alsi dikembangkan orang Indonesia sendiri. Thema Blankon Indonesia banget.

Blankon 5 Nanggar

Tetapi kalau anda tidak memusingkan Bahasa Local, saya pikir Ultimate Edition adalah pilihan terbaik mengingat paket aplikasi yang sangat melimpah dan juga pilihan tema yang fresh. Tidak salah file iso UE berukuran 2 GB.
Ultimate Edition 2.2

SuperOS 9.04 menurut saya adalah distro yang agak tanggung karena paket aplikasinya hanya sedikit diatas Blakon 5 (isonya 693 MB sedangkan SuperOS 900 MB).Perbedaan Blankon dan SuperOS hanya sedikit dimana SuperOS menambahkan aplikasi Wine, Compiz, Realplayer, VLC,Ubuntu Tweak, dan beberapa aplikasi kecil lainnya.
SuperOS 9.04

Sementara itu, UE datang dengan begitu banyak aplikasi sehingga rasanya anda tidak akan menambah aplikasi lainnya sebab semuanya sudah tersedia. Cuman waktu instalasinya paling lama dantara ketiga distro diatas mengingat banyaknya aplikasi yang disertakan. Tetapi pilihan terakhir tentunya terserah anda sendiri. Tetapi distro apapun yang anda pilih, semuanya tetap LINUX.

1 comment:

  1. Pak De! untuk yang murah, gampang dan tepat guna pilih yang mana yah? soalnya saya bosen ma tampilan lama. kalau bisa sekalian pinjam programnya ya!. Thx

    ReplyDelete