Thursday, June 18, 2009

Portable Ubuntu; Alternative cara mencoba Linux di lingkungan Microsoft Windows

Berbagai usaha telah dilakukan para komunitas Ubuntu untuk memperkenalkan Ubuntu kepada masyarakat pengguna Microsoft Windows. Dari Mengusahakan instalasi windows yang simple dan tidak berisiko dengan aplikasi WUBI sampai dengan menginstall Ubuntu di UFD. Nah yang lebih heboh lagi adalah menjalankan Ubuntu langsung di lingkungan kerja windows tanpa perlu instalsi layaknya aplikasi portable biasa. Ubuntu Portable dikembangkan dari Ubuntu 8.04. Semua fitur bisa anda nikmati kecuali tidak ada Lingungan Desktop yang bisa anda utak-atik temanya. Langkah - langkah penggunaanya adalah:
  1. Download file Ubuntu Portable di sini
  2. Extract File tersebut kedalam Flashdisk anda (saya memakai aplikasi 7Zip).
  3. Untuk menjalankan anda cukup masuk ke folder hasil extrack dan temukan file portable_ubuntu.bat. Klik kanan file portable_ubuntu.bat pilih Open. Otomatis file akan diload di terminal dan beberapa saat akan muncul splash screen "Ubuntu Portable). Beberapa saat kemudian maka akan muncul Menu layaknya di ubuntu native di bagian atas. Anda bisa menggunakan aplikasi internet, pengolah kata Abiword. Anda juga bisa mengunakan Terminal seperti di Ubuntu Asli. Untuk masuk ke mode root maka passwordnya adalah: 123456
    Cuman sayangnya untuk beberapa partisi dan Flashdisk belum bisa mount otomatis. Ketika saya mencoba melihat kedalam /media maupun /mnt beberapa partisi windows dan UFD tidak muncul. Mudah-mudahan ada teman2 yang bisa membantu. (hanya drive C yang dikenali).

No comments:

Post a Comment