Monday, April 6, 2009

Instalasi gKamus di Blankon 4

Setiap siswa kayaknya perlu kamus karena saat ini artikel yang paling banyak tersedianya dalam bahasa Inggris, bagi yang sudah mahir berbahasa Inggris tidaklah menjadi masalah. yang belum menguasai bahasa Inggris jangan minder dulu, ada kamus Bahasa Inggris kok. kalo di dunia Microsoft Windows ada program kamus seperti Linguist, Kamus 2.0, dan lain-lainya, di Linux juga ada yaitu gKamus buatan Anak bangsa yaitu Ardhan Madras yang dilisensikan GPL. gKamus bisa di unduh di sini. Langkah-langkah instalasinya adalah:
  1. Setelah proses download selesai maka double klik file gkamus_0.3-1_i386.deb sehingga tampak gambar seperti dibawah.
  2. Paska instalasi maka aplikasi gKamus bisa dilihat di: Application>Accesories>gKamus.
  3. Setelah aplikasi gKamus dipilih maka anda bisa langsung mengetikkan kata yang ingin dicari artinya kemudia tekan enter atau gambar teropong.
  4. gKamus tidak hanya bisa mencari arti Bahasa Inggris tetapi juga dipakai mencari Bahasa Inggrisnya kata Indonesia. Untuk dapat mencari kata bahasa Inggrisnya maka kita harus mengaturnya dulu dengan mengklik Alat>Kamus>Indonesia Inggris atau tekan F2.
  5. Anda juga bisa menambahkan kata yang belum ada di gKamus, caranya adalah dengan Klik Edit>Tambah. Masukkan kata baru kemudian artinya di kolom Definisi. Contohnya saya mau menambahkan kata "Papan ketik" kemudian saya artikan "Keyboard"
  6. Begitu anda ketikkan kata "Papan Ketik" maka akan muncul kata keyboard. Tambahkan kata sebanyak yang anda ketahui kemudian saat keluar pilih simpan.

No comments:

Post a Comment