Thursday, January 1, 2009

Memanajemen iPod dengan gtkPod di Ubuntu 8.10

Mp3 player merupakan bagian dari life style dewasa ini dan salah satu mp3 player terkenal dunia adalah iPod besutannya Apple. iPod begitu mendunia sehingga Ratu Elizabeth II pun memberikan gelar kehormatan kepada designer iPod. Untuk memanajemen file musik di iPod umumnya pake iTunes yang tersedia di flatform MacOS dan Windows. Gimana yang hanya pake Linux? Dapatkah mereka menggunakan iTunes? Bisa dengan bantuan WINE (emulator), tetapi kalau hanya untuk menambah dan mengurangi file musik, Rhythembox sudah bisa menghandle tetapi belum bisa menghandle gambar dan image. So, pakai saja gtkpod. Langsung saja langkah instalasinya.
  • Buka terminal kemudian ketikkan: sudo apt-get install gtkpod atau anda juga bisa memakai synaptic.
  • Setelah terinstall buka aplikasi gtkPod dengan mengklik Application - Sound - gtkPod.
  • Setelah aplikasinya terbuka masukkann iPod, biasanya gtkpod akan mengenali iPod anda secara otomatis, kalau tidak anda bisa mengkonfigurasi secara manual berdasarkan tipe iPod anda dengan mengklik "Load iPod".
  • Kalau mau menabah file musik tinggal buatkan playlist baru dengan mengklik "New Playlist". Kemudian untuk menambahkan file, klik Playlistnya kemudian "Copy Selected Playlist to" browse tempat filenya kemudian pilih lagunya. Untuk menghapus file tinggal klik kanan lagu atau playlistnya kemidian pilih "Delete Track", untuk menimpan perubahannya jangan lupa mengklik "Save Changes"
Untuk explorasi lebih lanjut, silahkan anda coba-coba sendiri, yang terang Linux juga bisa dipakai untuk memanajemen iPod kesayangan anda.

No comments:

Post a Comment