Sunday, June 1, 2008

EyeOS : OS Benalu??

Banyak yang mengatakan bahwa EyeOS adalah OS ajaib yang berbasis web dan ada juga yang mengatakan bahwa EyeOS adalah OS masa depan. Karena penasaran penulis pun akhirnya mencoba OS ini. File yang diperlukan adalah Apache yang terdiri dari Php dan MySql yang telah terintegrasi pada XAMPP yang bisa didownload disini. Anda juga perlu filenya EyeOS yang tersedia untuk windows dan linux. EyeOS dapat didownload disini.
Langkah instalasinya adalah:
  • Installah XAMPP. Setlah selesai cobalah tes apakah sudah sukses apa tidak instalasi XAMPP dengan membuka web browser, kemudian ketikkan http://localhost kemudian enter. Kalau muncul gambar seperti di bawah maka instalasi anda berhasil.

  • Extract file EyeOS pada directori C:\xampp\htdocs. Kemudian buka kembali web browser dan ketik http://localhost/eyeos kemudian enter. Kalau muncul instalasi EyeOs maka anda berhasil menginstall EyeOs di komputer anda. Silahkan masukkan password untuk root dan ikuti terus wisayanya. Aplikasi tambahan untuk EyeOs dapat anda dapatkan disini. Hasil akhir bisa dilihat seperti dibawah:
Menurut penulis sendiri rasanya Os ini tidaklah OS linnya, seperti Microsoft Windows maupun Linux karena dia tidak bisa mandiri dan tetap memerlukan OS Host untuk dapat menjalankan apikasi web browser. Jadi EyeOs menurut penulis sendiri adalah OS Parasit yang membutuhkan OS lainnya untuk dapat eksis. Terlepas dari itu semua kita juga patut mengacungi jempol bagi pengembang OS berbasis Web ini. Mudah-mudahan untuk pengembangan berikutnya OS ini
benar-benar 100% mandiri. Semoga.....

Guru Gede Nusa

1 comment:

  1. seperti-nya gak mungkin menjadi 100% mandiri Pak Gede. dari nama-nya saja sudah: eyeOS - Cloud Computing O/S. sudah pasti bakal terus mengusung teknologi cloud computing.

    ReplyDelete