Saturday, January 1, 2011

Mengatasi Masalah Broadcom WIFI (Wireless Problem) di Ubuntu 10.10 Maverick pada laptop DELL Mini 9/10, BYON Chameleon dan beberapa tipe Lenovo

Sungguh aneh terjadi pada saat saya upgrade sistem Ubuntu dari Ubuntu 9.10 ke 10.10 Maverick malah Wifi nya tidak berfungsi. Belakangan saya juga menemukan masalah yang sama saat menginstall Maveric di BYON dan Lenovo seri G (lupa detailnya). Tetapi hal itu bukan masalah sulit mengingat saya dulu juga menemui masalah yang sama dan berhasil mengatasinya.
Langsung saja ke langkah-langkahnya:
  • Uninstall dulu driver Broadcom-nya. Buka synaptic kemudian ketikkan "bcmwl-kernel" kemudian klik kanan "Remove Completely"
  • Install Ulang Broadcom Wireless.Ada dua cara untuk menginstall driver wireless-nya, yaitu:
1. Install driver dengan memamfaatkan koneksi internet dengan memakai Kabel LAN (RJ 45). Kalau sudah terhubung internet klik System > Administration > Aditional Driver. Tunggu sesaat kemudian pilih "Broadcom STA wireless driver". Cabut kabel LAN dan restart laptop anda.

2. Install Driver dengan cara mendownload paket driver wireless di warnet. Buka url http://apt-web.dahsy.at kemudian pilih "Base Distribution = Ubuntu 10.10,Mirror = kambing UI, dan pada Packages ketik "bcmwl-kernel" klik "Submit".
Tunggu sesaat kemudian akan muncul 2 url untuk mendownload paket driver yaitu "bcmwl-kernel-source_5.60.48.36+bdcom-0ubuntu5_i386.deb dan dkms_2.1.1.2-3ubuntu1_all.deb. Taruh disebuah folder misalnya wifi dan copy ke Documents.
Langkah selanjutnya adalah menginstall paket diatas dengan cara masuk terminal kemudian ketik:

cd Documents/wifi
sudo dpkg -i *.deb

Masukkan password root dan tunggu samapai proses instalasinya selesai. Restart komputer anda. Harusnya komputer anda sudah bisa mendeteksi Wi-Fi sekarang.

2 comments:

  1. mas, saya mau tanya, saya pakai linux mint 10 julia, dan maslahnya sama.. wireless yang gak ada, jadi gimna cra menanganinya? saya gak ada koneksi wired jadi gak bisa online, yang situs http://apt-web.dahsy.at juga sudah saya coba, cuma download nya gak jalan.. mohon bantuannya mas... terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  2. Saya kira caranya itu saja. Saya coba tadi mengunjungi http://apt-web.dahsy.at dan coba download ulang broadcom wirelessnya. Mau kok. coba donlod di warnet.thanks

    ReplyDelete